Selasa, 12 Februari 2019

Membuat Alat Cek Persentase Baterai Kapasitas Indikator

Baca Juga

Sepertinya sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini, seolah blog ini banyak sekali jaring laba-labanya di mana-mana seperti tak ruamh yang tak trurus hehe. Sebagai tulisan pertama setelah lamanya saya vakum nulis, kali ini saya akan berbagi cara membuat alat cek persentase baterai kapasitas indikator baterai. Alat ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan beberapa bahan simpel saja. Sok langsung simak tulisan ini.

membuat sendiri alat cek kapasita baterai level indikator
Membuat Sendiri Alat Cek Kapasita Baterai Level Indikator
(Gambar: youtube.com/watch?v=stm2RFvm9uo)

Alat yang akan kita buat ini akan menampilkan indikator apakah baterai masih memiliki daya atau tidak. Istilahnya juga bisa kita sebut sebgai baterai level indikator, yang gunanya ya tadi sebagai menunjuk level daya dari baterai. Sebetulnya alat penampil kapasitas baterai seperti ini sudah ada dan banyak dijual di berbagai toko elektronik baik online maupun yang offline. Namun tetap ingin saya bagikan karena saya kira perlu juga sebagai penambah pengetahuan kita tentang elektro.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat baterai level indikator ini juga sangat mudah didapatkan, yakni hanya empat buah led kecil dengan warna yang berbeda-beda. Perbedaan warna ini akan berguna sebagai penunjuk level voltase dari baterai. Selain itu juga dua buah resistor yang ukurannya akan saya sebutkan di bawah. Sementara wadahnya kita akan pakai katu dan pegas kecil. Oke langsung ikuti saja tutorial cara membuat batarai level indikator berikut ini.

Tutorial Cara Membuat Alat Cek Batarai Level Indikator


Pertama-tama kamu perlu mempelaari dan memperhatikan rangkaian atau skema baterai level indikator ini terlebih dulu seperti pada gambar di bawah ini.

membuat sendiri alat cek kapasita baterai level indikator

Setelah itu tinggal sobat susun atau rangkaikan saja sesuai dengan skema di atas. Untuk menguji keakurannya, kamu bsa terlebih dulu mencobanya dengan power suply yang dilengkapi indikator seperti ini. Bisa dilihat, led biru menyala dan menunjukkan voltase 4.22v.

membuat sendiri alat cek kapasita baterai level indikator

Agar lebih jelas lagi, kamu bisa melihat tabelnya di bawah ini.

membuat sendiri alat cek kapasita baterai level indikator

Baca lainnya: Cara Membuat Pengeras Suara Speaker Smartphone dari PVC

Meskipun alat yang sangat sederhana ini terlihat simpel saja, tapi alat cek indikator baterai ini bisa sangat berguna ketika mau mengecek apakah daya baterai masih atau tidak. Selain itu, kita juga akan mengerti cara kerja baterai yang sebenarnya, yakni ketika daya beterai berkurang maka otomatis voltasenya juga berkurang, yang semula 4.2v berubah menjadi 3.3v saja. Oke cukup di sini dulu artikel cara membuat alat cek kapasita baterai level indikator ini, semoga bermanfaat, terimakasih.


EmoticonEmoticon