Rabu, 26 Desember 2018

Cara Membuat Waterpass dan Menggunakan Laser Level

Baca Juga

Dalam pembangunan rumah agar mendapatkan hasil yang bagus dan presisi diperlukan beberapa alat bantu sederhana namun sangat besar manfaatnya. Alat sederhana tersebut digunakan untuk mencari kedataran bidang serta mencari kelurusan vertikal, sehingga sediap sudut-sudut rumah akan menjadi presisi. Alat sederhana yang digunakan untuk mencari kedataran adalah waterpass, sementara alat sederhana yang digunakan untuk mencari kelurusan vertikal adalah lot (sebuah pemberat pada ujung benang).

membuat sendiri laser level waterpass
membuat sendiri laser level waterpass
(Gambar: youtube.com/watch?v=dlpTTSCwzOQ)

Kegunaan waterpass yang paling sering memerlukannya adalah saat hendak memasang keramik lantai bahkan saat hendak mengecor ring balek kolom utama rumah. Selain itu, bahkan saat mau memasang kusen-kusen pintu sekalipun juga perlu menggunakan waterpass sehingga nantinya pintu akan mudah dibuka dan ditutup. Bahkan pun juga digunakan untuk memasang bingkai foto di dinding rumah biar pas hehe.


Waterpass biasanya dibuat dari sebuah media datar lurus memanjang dilengkapi dengan botol kecil yang terdapat gembung udara didalamnya, saat gelembung berada tepat ditengah, maka posisi bidang akan pada titik kedataran yang tepat. Nah, kali ini saya akan berbgagi tutorial cara membuat waterpass laser level yang lebih canggih karena dapat digunakan untuk ruang yang luas sekalipun seperti kamar. Selain itu juga akn menghemat waktu saat proses pengerjaan.

Tutorial Cara Membuat Laser Level


Laser level ini akan dibuat menggunakan laser pointer dengan harga kisaran 50-70rban, jauh lebih murah ketimbang membeli laser level betulan yang harganya bisa mencapai lebih dari 300rban. Selain itu, laser level terbaik ini menggunakan bahan dan laat sederhana, seperti dinamo bekas tamiya serta cermin untuk merefleksikan segala cahaya laser sehingga sebarannya lebih luas. Langsung saja simak cara membuat waterpass dan menggunakan laser level berikut ini.

Pertama-tama pasang pipa pada potongan kayu seperti gambar di bawah ini, pipa ini akan menjadi tempat laser berada.

membuat sendiri laser level waterpass

Tempelkan dinamo mainan bekas pada ujung kayu menggunakan lem tembak seperti ini.

membuat sendiri laser level waterpass

Lem potongan kaca kecil pada as dinamo seperti gambar di bawah ini.

membuat sendiri laser level waterpass

Rangkaikan baterai kotak 9v dan saklar pada dinamo seperti gambar di bawah ini.

membuat sendiri laser level waterpass

Terakhir sebelum dipasang laser, pasangkan sebuah mur ukuran 1/4" pada bawah kayu yang akan berfungsi sebagai tempat mounting tripod yang nantinya sebagi penyangga laser level ini.

membuat sendiri laser level waterpass

Masukkan laser pinter pada pipa tadi, dan pasang pada tripod.

membuat sendiri laser level waterpass

Nyalakan laser pointer dan nyalakan dinamo tamiya, daaannn.... jadi deh laser lever yang akan berfungsi sebagai water pass ini. keren kan...

membuat sendiri laser level waterpass


Dengan cara membuat laser level dari dinamo tamiya bekas dan laser pinter ini, kamu sudah menghemat ratusan ribu rupiah loh,,, Keren kan,, Selain itu kamu juga akan memahami bahwa cahaya yang dipantulkan oleh cermin seolah akan saling kejar karena putaran dinamo tamiya bekas yang sangat kencang ini. Oke, sekian tutorial cara membuat laser level waterpass ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

3 komentar

Sip Boss,..
Kalau menampilkan tulisan gimana..

Bisa membuat waterpas digital tdk ya...
Mau belajar

Teknisi miskin@ Kalau menampilkan tulisan gak bisa pakai leser biasa gan

Unknown@ Kalau waterpass digitas harus ada microcontrolernya, bisa pakai arduino


EmoticonEmoticon